Jumat, 10 Mei 2013 - 08:51:23 WIB
Peresmian LPSE Kementerian Pertanian
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 16015 kali

Peresmian Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) di Kementerian Pertanian pada hari ini Kamis tanggal 21 April 2011 sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Keputusan Menteri Pertanian no. 1618 tentang Pembentukan Tim Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik di Lingkungan Kementerian Pertanian.

 

Unit LPSE ini bertugas untuk membantu ULP/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-Procurement) di Kementerian Pertanian. LPSE Kementerian Pertanian terbentuk dengan dukungan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-Procurement) dengan dukungan LPSE Kementerian Pertanian dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengadaan barang/jasa di lingkup Kementerian Pertanian dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta menghindari KKN.

 

Menurut Perpress 54/2010 pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah sebelum 10 Juli 2011 masih diumumkan melalui surat kabar nasional (pasal 132), namun setelah 10 Juli 2011 sudah harus diumumkan melelui website K/L masing-masing dan papan pengumuman resmi serta Portal Pengadaan Nasional melalui LPSE (pasal 25).

Sesuai Perpress 54/2010, mulai tahun 2012 setiap satuan kerja sudah harus mulai menerapkan pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-Procurement). Untuk mensukseskan e-Procurement ini setiap tahun dilakukan sosialisasi dan pelatihan bagi para PPK dan panitia/pejabat pengadaan.

 

Dengan pembentukan LPSE ini diharapkan sebagaian besar pengadaan barang/jasa di lingkungan Kementerian Pertanian akan dilaksanakan secara elektronik.

 

Sumber: lpse.deptan.go.id




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)