Jumat, 10 Mei 2013 - 08:56:48 WIB
Sosialisasi e-Petani Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 9005 kali

Dalam rangka mendukung kelancaran operasionalisasi perangkat komputer yang telah didistribusikan ke Bapeluh Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara serta BPP Kecamatan terkait dengan kesiapannya sebagai access point di daerah, serta pemanfaatan Electronic-Petani (ePetani) bagi penyuluh dan petani pada Program Pemberdayaan Petani melalui Teknologi dan Informasi Pertanian (P3TIP/FEATI), maka pada kegiatan Pendampingan Unit Pelayanan Informasi Pertanian sebagai lanjutan bagi para penyuluh dan petani yang telah dilatih oleh Pusdatin tahun sebelumnya di laksanakan pada tanggal 27 maret 2012. 
 
Maka Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Minahasa provinsi Sulawesi Utara  telah menyelenggarakan Pendampingan Unit Pelayanan Informasi Pertanian TA.2012.
 
Kegiatan ini diantarnya adalah untuk mengatasi kesenjangan digital (digital devide) pada sektor pertanian, dengan Unit Pelayanan Informasi Pertanian (UPIP) baik pada Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten maupun pada Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan. UPIP di daerah akan berfungsi sebagai pusat informasi pertanian baik di kabupaten maupun kecamatan sehingga kontak tani dan penyuluh pertanian dapat melakukan akses terhadap sumber-sumber informasi pertanian nasional maupun lokal. Replikasi UPIP di daerah merupakan salah satu langkah upaya  penguatan akses petani dan pelaksana pembangunan pertanian terhadap informasi pertanian.

Kegiatan ini akan didukung oleh pemberdayaan petani melalui peran para penyuluh pertanian kabupaten dan kecamatan dalam mengkases sumber-sumber informasi baik nasional maupun lokal (spesifik lokasi), kaitannya dengan pengembangan dan diseminasi informasi/inovasi pertanian. Untuk meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian dalam pengetahuan dasar komputer, elektronik Petani (e-Petani) serta cara mengakses sumber-sumber informasi pertanian baik nasional maupun lokal.
 
Untuk mendukung program Feati khususnya Komponen-D (Komponen Pelayanan Informasi dan Pengetahuan) Pusdatin melakukan kegiatan yang meliputi: 
  • Peningkatan kapasitas Kementerian Pertanian dalam mengembangkan dan mendukung komunikasi petani berbasis komputer (e-Petani) termasuk penyediaan muatan informasinya sesuai kebutuhan petani;
  • Pengembangan sistem jaringan informasi dengan aplikasi Information Communication Technology (ICT) yaitu Elektronik Petani (e-Petani);
  • Pelatihan dan sosialisasi e-Petani;
  • Penyediaan fasilitas perangkat keras (komputer, printer, modem GSM serta biaya internet) di Bappeluh Kabupaten serta BPP Kecamatan untuk mengakses e-Petani; serta
  • Dukungan manajemen bagi Pusdatin. 
Untuk melaksanakan kegiatan tersebut diatas maka ditugaskan pejabat/petugas dari Pusdatin untuk melakukan supervisi ke Bapeluh Kabupaten (BP4K) dan BPP Kecamatan (BP3K). (Ardi)



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)