Jumat, 10 Mei 2013 - 09:32:10 WIB
Diklat Teknis Statistik Pertanian Bagi Petugas Kabupaten/Kota dan Kecamatan di Kabupaten Aceh Besar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Utama - Dibaca: 7063 kali

Aceh, Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan pembinaan SDM Perstatistikan sampai dengan tingkat kecamatan, BPPSDMP telah melakukan penyusunan silabus pelatihan bekerjasama dengan Pusdatin-Kementan, Ditjen Tanaman Pangan dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). 
 
Sosialisasi terhadap Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) telah dilakukan di Cikarang, Bekasi pada tanggal 17 – 18 Oktober 2012. Tindak lanjut dari sosialisasi tersebut adalah, beberapa BBPP telah melakukan TOT penggunaan GPS dalam Pengukuran Luas Baku Lahan Sawah dan Luas Tanam. Salah satunya adalah penggunaan Global Positioning System (GPS) dalam Pengukuran  Luas Baku Lahan Sawah dan Luas Tanam dilaksanakan pada acara Diklat Teknis Statistik Pertanian Bagi Petugas Kabupaten/Kota dan Kecamatan di Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada tanggal 20 – 21 Februari 2012. 
 
Di dalam acara tersebut disampaikan materi tentang penggunaan GPS untuk pengukuran luas baku lahan sawah dan luas tanam dengan narasumber dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin). Materi yang disampaikan yaitu : pengenalan GPS secara umum dan langkah-langkah pengukuran dengan menggunakan GPS. 
 
Praktek penggunaan GPS dilakukan di lahan pertanian yang ada di kantor UPTB Balai Pendidikan dan Pelatihan Pertanian Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan GPS merk Garmin 76 CSx. Peserta melakukan praktek pengukuran membuat polygon sesuai lahan yang diukur, membuat line dengan mengukur panjang jalan. Sebagian peserta sudah ada yang pernah menggunakan GPS dan ada juga yang belum pernah menggunakan GPS.
 
Jumlah peserta yang hadir adalah 130 orang yang terdiri dari instansi BPS Provinsi, BPS Kabupaten/Kota dan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota di lingkup Provinsi Aceh



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)