Kamis, 04 September 2014 - 10:24:39 WIB
Pengamat: Media Sosial Serupa Jurnalisme Warga
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel/Teknologi - Dibaca: 3910 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Media sosial merupakan peluang usaha yang menjanjikan bagi media konvensional, demikian penilaian Pengamat media sosial dari Universitas Missouri AS, Fritz Cropp.

"Media sosial ini sebetulnya adalah satu peluang bagi media konvensional, mengingat ini merupakan ruang di mana masyarakat bebas berpendapat," ujar Cropp, usai menjadi pembicara dalam Lokakarya Konfederasi Jurnalis Asean di Palembang, Selasa (11/2).

Ia mengatakan, media sosial serupa dengan jurnalisme warga, sehingga masyarakat dapat bebas berbicara dan bereaksi atas informasi yang mereka dapatkan.

Selain itu, Cropp juga mengemukakan bahwa dengan media sosial, masyarakat dan jurnalis dengan leluasa dapat berinteraksi.

Pada kesempatan yang sama praktisi media Zulfiani Lubis berpendapat bahwa media sosial dapat memberikan kontribusi yang cukup besar untuk media konvesional, mengingat proses penyebaran informasi melalui media sosial dapat dilakukan dengan sangat cepat.

"Media digital yang menggunakan fasilitas internet ini adalah cara yang efektif untuk menyebaran berita-berita utama," kata Zulfiani.

Zulfiani kemudian memprediksi bahwa pada masa yang akan datang, internet akan menggeser peran radio yang merupakan sumber informasi utama kedua setelah televisi.

 

Sumber: http://www.rimanews.com/read/20140211/142042/kata-pengamat-asal-amerika-media-sosial-serupa-jurnalisme-warga




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)