eMail Kementerian Pertanian
Diposting tanggal: 14 Mei 2013

Web-Mail adalah suatu layanan internet email yang berbasis web. Layanan Web-Mail ini disajikan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) sejak tahun 2000 untuk dimanfaatkan oleh para pengguna di lingkup Kementerian Pertanian

Mulai tahun 2000 webmail Kementerian Pertanian menggunakan teknologi Qmail. Tahun 2009 mulai beralih teknologi ke Exchange 2003  paralel dengan Qmail, dan sejak tahun 2010 sampai dengan sekarang telah migrasi sepenuhnya ke teknologi Exchange 2007.

Para pengguna internet dapat mengakses Web-Mail melalui browser apa saja dan dari mana saja. Diharapkan layanan ini dapat membantu mempermudah penggunaan email dalam melakukan pertukaran informasi disamping sebagai alternatif melalui program email yang biasa digunakan

 

PROSEDUR PERMINTAAN LAYANAN EMAIL

  1. Pengguna email pribadi / unit kerja mengajukan surat permohonan layanan email kepada Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanian, dapat melalui surat/fax atau datang langsung ke Pusdatin.
  2. Staf Pusdatin akan memproses permintaan layanan email.
  3. Apabila proses permintaan layanan email telah selesai, staf Pusdatin akan menghubungi pengguna email. Pengguna email antara lain akan menerima account email, password email, panduan email, dan update email.
  4. Email siap digunakan oleh pengguna email dalam waktu 1 x 24 jam.

alur